Interaksi
manusia dengan komputer
Ahmad Syaifin Nuha
NPM 10.63.0405
Warna merupakan unsur yang sangat
penting dalam Desain Grafis. Warna memegang peranan penting dalam Desain Grafis
oleh karena itu kita harus mengerti arti warna, jangan sampai kita salah warna
misalnya membuat website untuk perbankan tapi menggunakan warna dominan hitam!!
(bisa-bisa pelanggan ragu dan tidak dipercaya karena kurang pas, tema hitam
cocok untuk website games, hacking tool, Website photo Gallery, Photo Slide).
Jadi hindari kesalahan dalam pemilihan warna.
Dalam
pelajaran di Sekolah Pengertian Warna dapat diartikan sebagai adalah sebuah
spektrum tertentu yang terdapat di dalam cahaya yang sempurna / putih. Dalam
dunia disain, Warna bisa berarti pantulan tertentu dari cahaya yang dipengaruhi
oleh pigmen yang terdapat di permukaan benda. Misalnya pencampuran pigmen
magenta dan cyan dengan proporsi tepat dan disinari cahaya putih sempurna akan
menghasilkan sensasi mirip warna merah. Warna sebagai termasuk dalam ranah
nirmana. Terkadang pemakaian warna sangat membantu dalam pemilihan font dalam
typografi. Kemampuan penguasaan budaya dan warna sangat berpengaruh dalam
menentukan sebuah warna dalam pemakaian ke dalam produk desain, oleh karenanya
penguasan warna merupakan syarat penting untuk desainer pemula.
Warna
bisa dikelompokkan menjadi beberapa Kelompok Warna yaitu:
1.
Warna netral, adalah warna-warna yang tidak lagi memiliki kemurnian warna atau
dengan kata lain bukan merupakan warna primer maupun sekunder. Warna ini
merupakan campuran ketiga komponen warna sekaligus, tetapi tidak dalam
komposisi tepat sama.
2.
Warna kontras atau komplementer, adalah warna yang berkesan berlawanan satu
dengan lainnya. Warna kontras bisa didapatkan dari warna yang berseberangan (memotong
titik tengah segitiga) terdiri atas warna primer dan warna sekunder. Tetapi
tidak menutup kemungkinan pula membentuk kontras warna dengan menolah nilai
ataupun kemurnian warna. Contoh warna kontras adalah merah dengan hijau, kuning
dengan ungu dan biru dengan jingga.
3.
Warna panas, adalah kelompok warna dalam rentang setengah lingkaran di dalam
lingkaran warna mulai dari merah hingga kuning. Warna ini menjadi simbol,
riang, semangat, marah dsb. Warna panas mengesankan jarak yang dekat.
4.
Warna dingin, adalah kelompok warna dalam rentang setengah lingkaran di dalam
lingkaran warna mulai dari hijau hingga ungu. Warna ini menjadi simbol
kelembutan, sejuk, nyaman dsb. Warna dingin mengesankan jarak yang jauh.
Warna
Primer
Warna
primer menurut teori warna pigmen dari Brewster adalah warna-warna dasar.
Warna-warna lain dibentuk dari kombinasi warna-warna primer. Pada awalnya,
manusia mengira bahwa warna primer tersusun atas warna Merah, Kuning, dan
Hijau. Namun dalam penelitian lebih lanjut, dikatakan tiga warna primer adalah:
Merah (seperti darah), Biru (seperti langit atau laut), Kuning (seperti kuning
telur)
Ini
kemudian dikenal sebagai warna pigmen primer yang dipakai dalam dunia seni
rupa. Campuran dua warna primer menghasilkan warna sekunder. Campuran warna
sekunder dengan warna primer menghasilkan warna tertier.
CMYK
Dalam
industri percetakan, untuk menghasilkan warna bervariasi, diterapkan pemakaian
warna primer subtraktif: magenta, kuning dan cyan dalam ukuran yang
bermacam-macam.
Warna
Sekunder
adalah
warna yang dihasilkan dari campuran dua warna primer dalam sebuah ruang warna.
Contohnya seperti di bawah ini. Dalam peralatan Grafis, terdapat tiga warna
primer cahaya: (R = Red) merah, (G = Green) hijau, (B = Blue) biru atau yang
lebih kita kenal dengan RGB yang bila digabungkan dalam komposisi tertentu akan
menghasilkan berbagai macam warna. Misalnya pencampuran 100% merah, 0% hijau,
dan 100% biru akan menghasilkan interpretasi warna magenta. Di dalam komputer
kita juga mengenal berbagai warna untuk kebutuhan desain Website maupun Grafis
dengan kode bilangan Hexadecimal.
Berikut
ini campuran warna RGB yang nantinya membentuk warna baru:
Merah
+ Hijau = Kuning
Merah
+ Biru = Magenta
Hijau
+ Biru = Cyan
Pada
prinsipnya teori untuk pigmen seharusnya bisa diterapkan untuk warna cat juga.
Tetapi cat yang mula-mula dipakai, pencampurannya dilakukan jauh sebelum adanya
ilmu pengetahuan warna modern, dan karena pigmen yang tersedia pada masa itu
juga terbatas. Khususnya warna pigmen cyan dan magenta alami sulit didapat,
oleh karena itu dipakai warna biru dan merah. Dengan demikian sampai saat ini
secara luas diajarkan bahwa merah, kuning dan biru adalah warna primer
sedangkan jingga/orange, hijau dan ungu adalah warna sekunder. berikut ini
perbedaan dan persamaan CMYK dan RGB
Mengingat
pentingnya warna maka mari kita mengetahui arti - arti warna dalam Desain
Grafis / Disain Logo :
KUNING
= Matahari, Cahaya, Kejayaan dan Keluhuran Budi.
MERAH
= Api, Semangat dan Keberanian, Bahaya, Keamanan, Waspada.
BIRU
= Kejujuran, ketekunan, dan pandangan yang luas, kedamaian, ketenangan,
kepercayaan kepada diri sendiri, keseimbangan, semangat batin.
HIJAU
= Uang, Keberuntungan, Menarik Perhatian, Keindahan, Menyejukkan
PUTIH
= Lambang Kesucian dan Kejujuran, Kesopanan
ORANYE
= optimisme dan dinamika
HITAM
= Berwibawa, Elegan, Maskulin
Fungsi
Identifikasi : Warna dapat menjadi suatu tanda pengenal
terhadap sesuatu. Misalnya warna biru
identik dengan langit dan laut, warna merah identik dengan api, kuning identik dengan matahari, hijau identik dengan
tumbuhan, dan lain sebagainya.
Fungsi
Psikologis : Warna mampu mempengaruhi suasana, perasaan,
dan kepribadian manusia. Warna-warna tertentu dapat memberi pengaruh yang
berbeda-beda. Misalnya biru menunjukan
rasa tenang dan nyaman, merah menimbulkan kesan berani, dan lain sebagainya.
Fungsi
Isyarat :Warna tertentu yang
berdiri sendiri maupun yang dikombinasikan memiliki fungsi yang telah disepakati sebagai suatu
tanda, misalnya warna merah sebagai
tanda.
Fungsi
Estetik : Warna memiliki nilai
keindahan, penggunaan warna yang tepat pada suatu benda akan mampu memberi nilai lebih pada
benda tersebut.
Fungsi
Alamiah : Warna diklasifikasikan
menjadi 3 golongan warna yaitu, Hue, Value dan
Chrom
Dalam
dunia internet warna sangat penting, warna sangat berpengaruh terutama dalam
pembuatan tampilan desain website atau blog.
Berikut
contoh penempatan warna yang tidak sesuai dalam website :
Dikarenakan kombinasi warna yang tidak sesuai, penempatan warna
yang salah, warna terlalu nyentrik, sehingga website ini sangat kurang baik.
Contoh penempatan warna
yang baik dalam website :
Kombinasi warna tepat, penempatan warna yang cocok, sehingga
tampilan pada website terlihat nyaman dan lebih bernilai.
Input Output Pada Hardware
·
Unit Masukan ( Input Device )
Unit
ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu
memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan.
Input devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC)
adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan
user (pengguna) dengan komputer. Selain itu terdapat joystick, yang biasa
digunakan untuk bermain games atau permainan dengan komputer. Kemudian scanner,
untuk mengambil gambar sebagai gambar digital yang nantinya dapat dimanipulasi.
Touch panel, dengan menggunakan sentuhan jari user dapat melakukan suatu proses
akses file. Microphone, untuk merekam suara ke dalam komputer.
Data
yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan
maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem
komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk
mengolah data yang dimasukkan. Jadi Input device selain digunakan untuk
memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program. Berdasarkan
sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua yaitu :
•
Peratalan input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh
alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizer
graphics tablet, scanner.
•
Peralatan input tidak langsung, input yang melalui media tertentu sebelum suatu
input diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punched card, disket, harddisk.
·
Output device ( Unit keluaran )
Monitor
monitor
komputer adalah salah satu jenis soft-copy device, karena keluarannya adalah
berupa signal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar
monitor. Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data ataupun informasi
masukan. Monitor memiliki berbagai ukuran layar seperti layaknya sebuah
televisi. Tiap merek dan ukuran monitor memiliki tingkat resolusi yang berbeda.
Resolusi ini lah yang akan menentukan ketajaman gambar yang dapat ditampilkan
pada layar monitor. Jenis-jenis monitor saat ini sudah sangat beragam, mulai
dari bentuk yang besar dengan layar cembung, sampai dengan bentuk yang tipis
dengan layar datar (flat).
Printer
Printer
merupakan sebuah perangkat keras yang dihubungkan pada komputer yang berfungsi
untuk menghasilan cetakan baik berupa tulisan ataupun gambar dari komputer pada
media kertas atau yang sejenisnya. Jenis printer ada tiga macam, yaitu jenis
Printer Dot metrix, printer Ink jet, dan printer Laser jet
speaker
Sepaker
di sini pengertiannya sama dengan speaker pada umumnya, Speaker adalah
transduser yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara) dengan cara
menggetarkan komponennya yang berbentuk selaput.
Dalam
Perangkat Keras (Hardware) Komputer, terdapat 3 Buah Konsep perangkat keras,,
yakni:
Alat
Input adalah alat-alat yang berfungsi memasukan data atau perintah kedalam
komputer.Contoh dari alat input antara lain:
Keyboard–>
Papan Ketik yang berfungsi memasukan data baik itu char(Karakter),number(nomor)
atau symbol.
Mouse–>
Sebuah alat input yang digunakan untuk menunjukan cursor(Pointer)
Scanner–>
Alat input yang berfungsi untuk men duplikat/ mengcopy teks/gambar dari
kertas/foto dsb
Joystick–>
Alat input yang berfungsi memberikan masukan namun biasanya dipakai dalam game
Camera
digital–> Input Gambar/image
Microphone–>
Input Suara
Digitizer–>Digunakan
dalam pemetaan
Touch
Screen–>Digunakan memberikan instruksi sama seperti mouse namun kelebihan
nya di sentuh
Touch
pad
Track
ball
Light
Pen
Handy
cam
Alat
Pemproses adalah alat-alat yang berfungsi mengolah data kedalam komputer
setelah mengalami proses Input.Contoh dari alat pemproses adalah Processor
Alat
Output adalah alat-alat yang berfungsi mengeluarkan data-data yang berbentuk
informasi.Contoh dari alat Output adalah:
Monitor–>
Menampilkan display gambar, teks, symbol dsb
Printer–>
Mencetak document yang telah kita buat
Speaker–>
Memunculkan suara yang dapat di input lewat microphone atau mp3
Proyektor–>
sama seperti monitor, namun media proyektor dapat di dinding
1.
Input Device (Alat Masukan)
Adalah
alat-alat yang berfungsi memasukan data atau perintah kedalam komputer
2.
Output Device (Alat Keluaran)
Adalah
alat-alat yang berfungsi mengeluarkan data-data yang berbentuk informasi.
Posting Komentar